Rabu, 21 November 2012

Teknologi Informasi Sebagai Keunggulan Strategis


Sistem Informasi Strategis (Strategic Information System)
           SIS adalah sistem informasi yang mendukung atau membentuk posisi kompetitif dan strategi dari perusahaan bisnis. SIS dapat berupa sistem informasi apapun yang menggunakan teknologi informasi untuk membantu organisasi memperoleh keunggulan kompetitif, mengurangi kelemahan kompetitif, atau untuk memenuhi tujuan strategis perusahaan lainnya.
Lima Tekanan Kompetitif Dikemukakan oleh Michael Porter
1.       Ancaman Pemain Baru (Threat of  New Entrants)
2.       Ancaman Pengganti (Threat of substitutes)
3.       Daya Tawar Pelanggan (Bargaining power of buyers)
4.       Daya Tawar Pemasok (Bargaining power of suppliers)
5.       Persaingan diantara para pesaing (Rivalry among the existing players).
  
1      Ancaman Pemain Baru (Threat of  New Entrants)
Beberapa Contoh:
        Loyalitas terhadap merek tertentu
        Insentif yang diberikan untuk penggunaan produk tertentu
        Biaya yang tinggi
        Sumber daya yang tidak memadai
        Aturan dari pemerintah
        Perlindungan dari sisi hukum misalnya patent, copyright, dll
        Akses ke distribusi
        Keunggulan dari sisi cost

2.       Ancaman Pengganti (Threat of substitutes)
Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi Ancaman Pengganti:
        Kecenderungan untuk membeli produk pengganti oleh seorang pembeli
        Harga produk pengganti yang relatif lebih murah
        Perbedaan tingkat produk yang tidak seberapa
        Trend
        Perubahan teknologi dan inovasi produk

3.       Daya Tawar Pelanggan (Bargaining power of buyers)
Beberapa contoh yang dapat mempengaruhi daya tawar pelanggan:
        Pelanggan yang sedikit
        Pembelian dalam jumlah besar
        Mudah untuk berpindah kelain kompetitor produk
        Konsumen yang sensitif terhadap harga

4.       Daya Tawar Pemasok (Bargaining power of suppliers)
Faktor yang dapat meningkatkan daya tawar pemasok: 
        Hanya sedikit pemasok untuk produk tertentu
        Tidak ada produk pengganti
        Produk tersebut sangat penting bagi konsumen

5.       Persaingan diantara para pesaing (Rivalry among the existing players)
Pasar yang super-kompetitif dapat terjadi karena beberapa faktor diantarnya:
        Tidak ada pemain utama dalam suatu industri
        Terdapat perbedaan yang kecil antara produk atau jasa layanan kompetitor
        Perusahaan hanya dapat berkembang dengan “mencuri” pelanggan dari kompetitor.


Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

© 2012 copyright meikimu.blogspot.com Themes By Kendhin edited by Meiki MU